Selasa, 28 Mei 2013

Cara Mudah Membuat Spoiler di Blog

Spoiler adalah istilah untuk menyebutkan keterangan tambahan dari suatu tulisan atau cerita dalam buku, majalah, atau media baca lainnya. Istilah yang sama artinya dengan spoiler adalah catatan kaki. Spoiler banyak digunakan di forum-forum seperti kaskus, dan forum-forum lainnya. Spoiler gunanya adalah untuk menghemat space.

Spoiler ditandai dengan tombol buka tutup. Jadi penggunaan spoiler sebenarnya lebih efisien karena dapat menghemat space blog atau postingan. Masih bingung? ini sob saya contohkan bentuk spoiler.

Judul Spoiler:
Letakkan teks atau kode script (gambar atau video) di sini
Itu di atas penampakan spoiler sob, lantas bagaimana cara membuat spoiler di blog? OK, ikuti langkah-langkah membuat spoiler di blog atau di dalam postingan  di bawah ini :

Langkah langkah membuat spoiler di blog

- Copy kode html berikut ke tempat dimana spoiler akan ditempatkan, contohnya di dalam artikel atau postingan, ini kodenya :
  <div style="margin: 5px 20px 20px;">
<div class="smallfont" style="margin-bottom: 2px;"><b>Judul Spoiler</b>: <input value="Buka" style="margin: 0px; padding: 0px; width: 55px; font-size: 12px;" onclick="if (this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display != '') { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = ''; this.innerText = ''; this.value = 'Tutup'; } else { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = 'none'; this.innerText = ''; this.value = 'Buka'; }" type="button">
</div>
<div class="alt2" style="border: 1px inset ; margin: 0px; padding: 6px;">
<div style="display: none;">
Letakkan teks atau kode script (gambar atau video) di sini
 <br>
</div>
</div>
</div>
- Anda bisa langsung copy paste script di atas ke dalam postingan, tetapi harus dalam mode html (bukan mode compose)
- Judul spoiler silahkan diganti menurut selera masing-masing, tulisan berwarna ungu silahkan diganti dengan isi yang mau anda masukan dalam spoiler. Anda juga bisa mengganti detail ukuran spoiler sesuai selera.

Itulah cara mudah membuat spoiler di blog. Jika masih bingung, silahkan tanyakan di kotak komentar. 

0 komentar :

Posting Komentar

Minta Komentarnya Dong,,

 

©  3 Columns Newspaper Copyright by Panduan Blog | Template by Blogger Templates